Cara Mengatasi Hidung Mampet Pada Anak

Pada saat bayi Anda dalam kondisi sakit demam maupun pilek, hal itu tentu menyebabkan hidung anak menjadi mampet atau tersumbat. Akibatnya, bayi Anda menjadi susah bernafas serta rewel. Fenomena ini juga bisa terjadi ketika bayi sedang tertidur. Hal ini tentu membuat Anda sebagai orang tua menjadi khawatir. Untuk itu, kali ini saya akan menjelaskan solusi untuk mengatasi hidung mampet pada anak Anda. 

Hidung mampet/tersumbat pada anak

Kita bicara soal Anak yang usia relatif masih sangat muda, hal ini tentu menjadikan Anak tidak dianjurkan untuk meminum obat-obatan. Maka dari itu, saya akan menjelaskan beberapa solusi tradisional untuk atasi hidung tersumbat pada anak.

Cara Atasi Hidung Mampet Pada Anak


1. Lakukan Penguapan Alami
Salah satu cara tradisional untuk atasi hidung mampet pada anak yaitu dengan memberikan penguapan atau inhalasi pada saat Anak bernafas. Cara ini cukup mujarab dan sangat mudah untuk dilakukan. Caranya yaitu siapkan air panas pada sebuah mangkuk atau wadah dengan ditetesi beberapa tetesan minyak telon. Kemudian bantu anak Anda untuk menghirup udara dari air tersebut baik dengan cara menggendong maupun cara lainnya.

2. Bantu Hangatkan Tubuh Anak
Dengan kondisi tubuh yang hangat tentu akan melegakan si anak untuk bernafas. Untuk itu, jika anak Anda sedang pilek hindari penggunaan AC atau pendingin ruangan untuk menjaga kondisi bayi tetap hangat bahkan saat tidur. Hal ini tentu akan membantu menghilangkan hidung tersumbat pada anak Anda.

3. Pijat Hidung Anak dengan Lembut
Pijatan yang lembut pada bagian atas hidung hingga bagian tengah alis akan membantu menghilangkan hidung tersumbat pada anak. Berikan sedikit minyak telon saat Anda akan memijat. Hal ini akan membantu si anak untuk mengeluarkan cairan yang ada di dalam hidungnya.

4. Atur Posisi Tidur Anak
Pada saat hendak tidur, aturlah terlebih dahulu posisi tidur anak Anda untuk menghindari si anak kesulitan bernafas saat tidur akibat dari hidung yang tersumbat. Umumnya, hidung tersumbat tidak terjadi pada kedua lubang hidung, melainkan hanya salah satu diantara keduanya. Untuk itu, jika hidung anak yang tersumbat adalah di sebelah kanan, maka atur posisi anak sedikit miring ke kiri, begitu juga sebaliknya. Jangan lupa untuk memastikan posisi kepala sedikit lebih tinggi dari badan.

5. Gunakan tetesan garam
Sebenarnya cara ini tidak begitu saya anjurkan karena sangat berisiko terjadi kesalahan. Sudah terbukti bahwa larutan garam mampu mencairkan sumbatan pada hidung. Caranya yaitu larutkan garam kira-kira setengah sendok makan kedalam segelas air hangat. Lalu masukkan larutan tersebut ke penyemprot ataupun alat tetes. Lalu teteskan larutan tersebut ke dalam lubang anak secara hati-hati. Disarankan untuk meminta bantuan yang sudah berpengalaman.

Itulah beberapa solusi atasi hidung mampet pada anak dari saya, semoga tulisannya bermanfaat. Silahkan bagikan artikel ini. Terimakasih.

Komentar

Postingan Populer