13 Cara Cepat Bangun Pagi

Bagi beberapa orang, bangun pagi dengan cepat merupakan hal biasa dan bisa dilakukan dengan mudah, bahkan tanpa memerlukan alarm. Hal ini karena mereka sudah terbiasa dengan rutinitas bangun pagi. Tapi, ada pula orang yang merasa kesulitan untuk bisa bangun pagi dan sudah menjadi kebiasaan. Hal ini tentu tidak baik sebab dapat dipastikan hari Anda akan menjadi kurang produktif karena sudah termakan dengan tidur di pagi hari.

Banyak faktor yang menyebabkan seseorang menjadi sulit untuk bangun pagi. Namun biasanya dikarenakan oleh kebiasaan yang buruk seperti main game, nongkrong di cafe hingga larut malam, dan masih banyak lagi.

Jika Anda tergolong orang yang susah untuk bangun pagi, bacalah tips-tips berikut agar kebiasaan buruk itu bisa teratasi. Berikut adalah tips cara cepat bangun pagi:
  1. Tidur Lebih Awal
    Ini adalah cara paling ampuh dan merupakan penyebab utama mengapa banyak orang susah bangun pagi. Akibat kurang tidur, saat bangun Anda akan lebih lelah. Cara inilah yang terbaik dibandingkan dengan cara lainnya.
  2. Jauhkan Alarm dari tempat tidur
    Semua orang sudah tahu bahwa alarm bertujuan untuk membangunkan Anda. Tapi jika diletakkan di samping Anda, alarm malah tidak berguna sama sekali. Anda akan segera mematikan alarm yang mengganggu Anda dan tidur kembali. Oleh karena itu letakkanlah alarm di tempat yang tidak dapat Anda raih tetapi masih bisa didengar. Anda akan merasa risih, dan dengan terpaksa Anda harus menggerakkan tubuh Anda untuk mematikan alarm tersebut.
  3. Letakkan handuk basah di dekat Anda
    Air yang dingin adalah cara efektif untuk membangunkan Anda karena rasa kagetnya. Anda tidak perlu sampai disiram hingga basah, cukup siapkan handuk basah yang sudah Anda siapkan sebelum tidur. Setelah alarm berbunyi, segera letakkan handuk basah tersebut ke muka Anda.
  4. Biasakan minum air putih sebelum dan sesudah tidur
    Jika kamu takut untuk bangun telat di pagi hari, sebaiknya sebelum tidur minumlah air putih secukupnya, atau minimal satu gelas besar. jika sebelum tidur minum air putih secukupnya maka akan menimbulkan rasa ingin buang air kecil dan itu bisa menjadi pemicu buat kamu bangun di pagi hari. Tetapi jangan terlalu banyak, efeknya akan mempengaruhi kinerja ginjal dan malah mengganggu waktu tidurmu.
    Minum air putih setelah bangun tidur juga dapat membuat tubuhmu segar kembali setelah tidur yang panjang. Cukup satu gelas setelah bangun tidur maka kamu tidak akan merasa ngantuk lagi dan bisa beraktivitas seperti biasanya.
  5. Hindari makan makanan berat sebelum tidur
    Makan terlalu banyak sebelum tidur juga dapat membuatmu susah untuk bangun di pagi hari. Jika kamu memang lapar usahakan jeda menjelang tidur dengan saat makan di atas 2 jam lebih. Selain itu jika kamu tidur tepat sebelumnya melakukan aktivitas makan berat, maka hormon pertumbuhan tidak keluar sehingga tidak ada proses pemecahan lemak. Sebaliknya, makanan yang ada akan tertimbun menjadi lemak. Hasilnya, akan membuat tubuh menjadi gemuk. Proses ini disebut sebagai anabolisme.
  6. Atur jadwal tidur Anda
    Cobalah untuk membuat jadwal tidur Anda dan patuhi jadwal tersebut. Misal Anda belum bisa tidur cepat dan tidur pada jam 1 malam, besoknya coba dipercepat 5-10 menit. dan seterusnya hingga Anda berada pada jam tidur yang optimal yaitu pada jam 9-11 malam.
  7. Jadikan lagu favorit Anda menjadi nada alarm
    Ketika Anda menggunakan nada alarm standar, biasa Anda akan terbangun dengan rasa jengkel dan cepat-cepat mematikan alarmnya. Tapi jika nda alarm yang Anda gunakan adalah lagu favorit Anda, maka Anda akan terbawa untuk bernyanyi dan secara tidak langsung meningkatkan kesadaran Anda di pagi hari.
  8. Hindari minum kafein sebelum tidur
    Seperti yang telah diketahui secara umum, kafein akan memberikan Anda rasa lebih segar dan mencegah Anda ngantuk. Jika Anda meminumnya sebelum Anda tidur, maka tidur Anda juga tidak akan terasa nyenyak karena untu tidur nyenyak, Anda membutuhkan waktu lebih lama. Kafein dan Alkohol membutuhkan waktu untuk hilang dari sistem dalam tubuh Anda.
  9. Minum minuman berkafein di pagi hari
    Jika sebelum tidur tidak dianjurkan, tetapi setelah tidur Anda disarankan untuk minum minuman berkafein. Seperti penjelasan diatas, kafein bersifat memberikan rasa segar pada tubuh Anda dan membuat Anda tidak ngantuk lagi.
  10. Makan makanan kecil setelah bangun
    Letakkanlah makanan kecil seperti permen di samping Anda, lebih baik jika makanan kecil itu memiliki karbohidrat di dalamnya karena pada saat Anda tidur, tingkat gula darah Anda menurun. Letakkanlah di samping ranjang Anda agar begitu Anda ingin bangun, Anda dapat langsung meraihnya.
  11. Biarkan cahaya matahari masuk ke kamar Anda
    Jika ruangan Anda memiliki jendela, aturlah agar sinar matahari dapat masuk melalui jendela terseubt di pagi hari. Pada saat itu, cahaya alami dari matahari akan mengirimkan sinyal ke otak Anda untuk memacu hormon yang akan membangunkan Anda. Anda juga dapat menggunakan alarm yang memberikan cahaya terang. Hal ini akan lebih baik jika didukung dengan Anda tidur lebih awal.
  12. Segera mandi atau cuci muka setelah bangun
    Di saat kamu sudah bangun pagi tetapi masih terasa ngantuk, cobalah basuh muka Anda dengan air atau bahkan langsung mandi. Hal ini tentu membuat Anda kembali segar dan bisa melakukan aktivitas di pagi hari seperti biasanya.
  13. Rajin Berolahraga
    Cobalah berolahraga di sore hari. Selain sehat, hal ini akan membuat Anda merasa lelah dan akan cepat tidur di malam hari. Coba juga lakukan gerakan peregangan saat setelah bangun pagi agar aliran dalam tubuh menjadi lancar dan tubuh akan segar kembali.
Itulah tips cara cepat bangun pagi yang bisa Anda terapkan. Tidur yang baik akan memberikan efek yang baik pula pada rutinitas sehari-hari Anda. Maka dari itu, biasakan lah untuk bisa bangun pagi sejak dini. Semoga bermanfaat, terima kasih.




Komentar

Entri Populer