Tips Memilih Sabun Muka Untuk Jerawat Pria

Wajah merupakan aset utama dari setiap penampilan orang. Namun apa jadinya jika wajah kita ditumbuhi oleh jerawat yang membandel. Hal itu tentu akan membuat penampilan menjadi lebih buruk dan akan mengurangi rasa percaya diri. Kesalahan memilih sabun muka malah akan membuat jerawat menjadi lebih parah. Maka dari itu, BuaTrus akan membahas bagaimana cara memilih sabun muka untuk pria yang berjerawat, baik itu jerawat batu, jerawat ringan, dsb.

memilih sabun muka untuk jerawat
Jerawat

Cara Memilih Sabun Muka Untuk Jerawat Pria Berdasarkan Jenis Kulit

Manusia diciptakan dengan bervariasi, ada hitam, ada putih, ada tinggi, ada pendek. Begitu juga dengan kulit. Kulit juga memiliki banyak jenis. Berbeda jenis kulit berbeda pula cara merawatnya. Maka dari itu, jangan mudah terpengaruh oleh iklan. Belilah produk sesuai dengan jenis kulit Anda. Terlebih jika kulit Anda tergolong jenis sensitif, kering, dan berminyak.

Inilah beberapa jenis kulit yang perlu Anda ketahui sebelum membeli sabun muka untuk jerawat Anda:

Kulit kering

Sabun sangat berguna untuk menyingkirkan kotoran dan bakteri. Namun, kebanyakan produk sabun juga bersifat menghilangkan minyak alami yang diproduksi oleh tubuh Anda. Bagi Anda dengan tipe kulit kering, disarankan untuk memakai sabun yang mengandung pelembap alami. Seperti sabun yang mengandung minyak bunga matahari, minyak zaitun, maupun cocoa butter.

Kulit berminyak

Kulit berminyak umumnya memiliki keuntungan karena bersifat kenyal dan lembap. Tapi di sisi lain, kulit yang berrminyak terlalu banyak akan memicu bakteri berkembang biak lebih cepat. Untuk itu, bagi Anda dengan tipe kulit berminyak gunakanlah sabun antibakteri untuk mencegah masalah ini. Kulit jenis ini cocok juga untuk memilih sabun muka yang mengandung kandungan lavender atau chamomile.

memilih sabun muka untuk jerawat
Cara Menghilangkan Jerawat

Pada umumnya, kulit berminyak lebih rentan terhadap jerawat. Inilah beberapa tips untuk mengatasi jerawat untuk jenis kulit berminyak:

  • Cuci muka Anda dengan sabun anti bakteri dengan gosokan yang ringan pada bagian muka. Lakukan minimal 2 kali/hari.
  • Bersihkan rambut Anda secara rutin agar tetap bersih. Rambut yang kotor dan mengandung bakteri juga dapat menyebabkan timbulnya jerawat.
  • Gunakan salap sepert asam salisilat  atau benzoil peroksida untuk meredakan jerawat.
  • Hindari menggunakan produk yang bersifat comedogenik dan berminyak.
  • Perbanyak makan sayur dan buah-buahan.
  • Bersihkan wajah anda sebelum tidur.
  • Perbanyak minum air.
  • Bersihkan muka Anda dengan cairan pembersih wajah setiap hendak tidur atau sehabis melakukan aktivitas berat.

Kulit sensitif

Kulit sensitif sangat rentan terhadap iritasi. Maka dari itu, tipe kulit sensitif sebaiknya menggunakan sabun dengan sedikit atau bahkan tanpa pewangi. Pastikan juga sabun muka yang Anda pilih memiliki kandungan tingkat pH yang seimbang atau pH balanced. Kulit sensitif tidak dianjurkan memakai sabun yang mengandung bahan anti-bakteri dan deodoran.


Komentar

Postingan Populer