Ternyata Ini Penyebab HP Android Cepat Panas! Baca Solusi dan Cara Mengatasinya Disini

Dengan berkembangnya kemajuan gadget dan teknologi, kini hampir setiap orang sudah memiliki yang nama gadget, baik berupa smartphone maupun tablet. Semua orang kini bisa menikmati berbagai manfaat dan hiburan hanya dalam satu benda, seperti menonton video, chatting, browsing, hingga bermain game. Namun dampak dari itu semua yaitu hp android Anda akan cepat panas.

Bagaimanapun canggihnya gadget Anda, pasti juga bisa mengalami hal ini. Itu merupakan hal yang sangat wajar. Panas ini umumnya berasal dari baterai ponsel Anda yang terjadi akibat pemakaian gadget secara terus menerus. Namun untuk Anda ketahui, kebiasaan ini akan berdampak buruk terhadap baterai gadget Anda seperti yang sudah dijelaskan di Kebiasaan yang membuat baterai cepat rusak.

Penyebab HP Android Cepat
Memakai Gadget
Apabila Anda pernah mengalami hp cepat panas dan baterai gadget Anda cepat mengalami drop atau habis meski hanya dengan pemakain yang wajar, berarti hal itu menunjukkan bahwa baterai hp anda mengalami masalah atau bahkan sudah rusak. Namun jika hal itu tidak terjadi, jika hanya android Anda yang mengalami panas tanpa ada tanda kerusakan baterai, berarti masalah handphone panas yang Anda alami berasal dari beberapa faktor lain yang akan dibahas pada artikel ini.

Penyebab HP Android Cepat Panas


Selain baterai, hp cepat panas juga bisa disebabkan oleh kerja cpu, ram, aplikasi, dll. Semakin rendah spesifikasi suatu hp, maka semakin berat pula kinerja cpu dan ram, dampaknya hp tersebut lebih rentan mengalami panas. Untuk lebih jelasnya, inilah beberapa hal yang menyebabkan hp Anda cepat panas:

  • Kapasitas, spesifikasi, hardware hp Anda yang rendah dan tidak sesuai dengan pemakaian seperti menggunakan aplikasi dan game yang tergolong berat.
  • Ada banyak aplikasi yang terinstall di gadget Anda. Semakin banyak aplikasi yang terpasang maka semakin besar pula kinerja cpu Anda yeng terpakai, apalagi jika aplikasi tersebut selalu terhubung ke internet, seperti aplikasi Facebook, Twitter, BBM, Skype, Whatsapp. Instagram, Google+, dan masih banyak lagi.
  • Browsing internet dengan durasi yang cukup lama. Ketika Anda browsing internet, hp Anda akan bekerja dengan sangat ekstra. Hal ini terjadi karena adanya aktifitas upload dan download serta plugin-plugin pada browser juga ikut bekerja untuk menampilkan grafik dan gambar yang baik.
  • Adanya kesalahan software baik itu dari sistem operasi maupun dari aplikasi yang berjalan sehingga membuat prosesor hp Anda bekerja terus-menerus yang terlihat pada background proses.
  • Seing multitasking, yang artinya menjalankan beberapa aplikasi secara bersamaan seperti mendengarkan musik sambil chatting.
  • HP terus menyala.
  • Umur gadget yang sudah tua. Pada umumnya, umur gadget yang masih mampu bekerja normal yaitu selama 2 tahun. Setelah itu, akan ada banyak penurunan kinerja mesin hp Anda.
  • Menggunakan Charger KW yang tidak sesuai dengan jenis baterai Anda.

Cara Mengatasi HP Cepat Panas


Dari beberapa penyebab di atas, dapat diketahui beberapa hal yang bisa Anda lakukan untuk mengatasi permasalahan hp yang cepat panas.

1. Mengganti baterai yang sudah rusak

Seperti yang sudah dibahas di atas, penyebab utama hp cepat panas yaitu dari baterai. Jika baterai Anda sudah rusak yang ditunjukkan dengan hp cepat panas dan nge drop, maka sebaiknya Anda mengganti dengan baterai baru berkualitas ori.

2. Hindari hp dari lingkungan panas

Hal yang menyebabkan hp Anda cepat panas tidak hanya dari dalam, tetapi juga bisa terjadi akibat faktor lingkungan seperti saat di dalam ruangan yang panas, terkena panas matahari, dan lainnya. Jika tidak dapat dihindarkan, sebaiknya kurangi pemakaian pada ponsel Anda.

3. Hindari pemakaian saat sedang di charge

Ini merupakan salah satu kebiasaan buruk yang sering dilakukan oleh pengguna gadget. Selain menyebabkan hp cepat panas, pemakain hp yang sedang di charge akan berpotensial terhadap kerusakan baterai Anda.

4. Matikan aplikasi dan jaringan internet jika tidak dipakai

Jika Anda hendak tidur atau sedang sibuk beraktifitas dan tidak ingin diganggu, sebaiknya jangan lupa untuk menutup semua aplikasi yang sedang berjalan di ponsel Anda. Jangan lupa pula untuk mematikan jaringan data serta beberapa fitur seperti bluetooth, wifi, GPS, infrared, dll. 

5. Hapus aplikasi tidak penting

Pada beberapa kasus, ada beberapa aplikasi yang bisa menyebabkan kinerja CPU hp Anda bekerja terus menerus meski sedang tidak digunakan. Ada juga beberapa jenis aplikasi yang sebenarnya tidak compatible tetapi tetap digunakan, hal ini akan menyebabkan hp Anda mudah panas.

Penyebab HP Android Cepat
Hapus Aplikasi

Untuk itu, sebaiknya Anda mengecek kembali baik menggunakan task manager bawaan android maupun aplikasi seperti Watchdog untuk membantu Anda mengecek gejala-gejala yang tidak beres pada Android Anda.

6. Perhatikan Saluran Udara HP Anda

Terkadang pemilihan casing yang kurang tepat dapat berakibat hp anda menjadi cepat panas. Hal ini karena, desain casing tidak memperhatikan saluran masuk dan keluar panas dari hp Anda, yang ada malah menyumbat saluran tersebut sehingga hp anda jadi cepat panas.

Penyebab HP Android Cepat
Casing HP

Memegan hp yang terlalu lama saat nonton video atau melihat GPS juga dapat menghambat saluran panas pada ponsel Anda, untuk itu disarankan untuk menggunakan suatu dudukan ponsel agar Anda tidak perlu memegang hp Anda dalam waktu yang lama.

7. Jangan overclock hp Anda

Overclocking adalah istilah untuk meningkatkan kecepatan suatu smartphone yang melebihi kecepatan standar. Memang setalah itu gadget Anda akan terasa lebih cepat, tapi hal itu akan menyebabkan daya baterai cepat terkuras sehingga hp Anda menjadi cepat panas. Jika sudah terlanjut, coba gunakan aplikasi SetCPU untuk underclock HP Anda agar dapat berubah normal kembali.

8. Matikan HP Anda

Jika hp anda sudam dalam kondisi yang sangat panas, cara cepat untuk meredam panas tersebut yaitu dengan mematikan gadget Anda. Memang terdengar konyol, tapi inilah cara yang paling ampuh untuk mengurangi panas pada hp Anda. Lebih baik lagi setelah dimatikan, lepas casing dan baterai Anda, dengan cara ini hp anda akan cepat kembali ke suhu normal.


Itulah penyebab dan cara mengatasi hp cepat panas dari IDGoRead. Jika Anda sudah mencoba beberapa tips di atas namun hp Anda cepat mengalami panas yang tidak wajar, sebaiknya segera bawa ke tempat servis ponsel terdekat untuk diperiksa oleh yang ahli dan jika mungkin coba lakukan klaim garansi. Semoga tulisan ini bermanfaat, stay tuned!

Komentar

Entri Populer