Ternyata Buah Ini Baik Untuk Sakit Maag atau Asam Lambung

Asam lambung adalah salah satu jenis penyakit yang sering diderita oleh kebanyakan orang. Bayak yang menganggap remeh penyakit ini. Jika penyakit ini dibiarkan dalam waktu yang lama, maka dapat berakibat buruk pada kesehatan lambung serta tenggorokan. Maka dari itu, IDGoRead akan membahas mengenai jenis buah yang baik untuk dimakan bagi penderita asam lambung.

Sebenarnya ada banyak cara untuk mengatasi penyakit asam lambung itu sendiri. Namun, dengan memakan buah-buahan penurun asam lambung terbukti lebih baik daripada menggunakan obat-obatan yang diproduksi oleh pabrik, karena selain alami, kita tidak perlu mengkhawatirkan akan kandungan zat berbahaya dalam buah seperti pada obat. Ada banyak jenis buah segar alami yang bagus untuk dimakan bagi para penderita penyakit asam lambung.

Inilah beberapa jenis buat yang kandungan nutrisinya dapat menurunkan asam lambung Anda:

1. Buah Pisang

Kandungan kalium yang ada pada pisang berkhasiat untuk menyeimbangkan kadar asam (pH) di dalam lambung. Tentu hal ini akan sangat berguna untuk penderita asam lambung. Tidak hanya itu, potasium yang tinggi pada buah pisang juga mampu menormalkan peningkatan pada tekanan darah yang biasa diakibakan oleh stres.

Buah yang Baik Untuk Sakit Maag
Buah Pisang

Untuk itu, pisang adalah salah satu buah yang baik untuk dimakan pada penderita asam lambung. Cukup makan 2-4 buah pisang perhari maka hal ini akan sangat membantu penurunan asam pada lambung Anda.

2. Buah Kates atau Pepaya

Buah pepaya sangat bermanfaat untuk meningkatkan sistem pencernaan. Hal ini terjadi karena pepaya mengandung enzim propeolitik atau dikenal dengan papain. Meskipun terkadang terasa asam, buah ini sudah dikenal sangat berkhasiat baik untuk penderita maag. Kandungan asam asetat dan asam askorbatnya dapat berfungsi baik sebagai penyembuh penyakit lambung.

Buah yang Baik Untuk Sakit Maag
Buah Pepaya

Hasil penelitian The World Cancer Research Fund’s pada tahun 1997 telah melaporkan, dengan mengonsumsi pepaya atau kates sebagai makanan penutup secara teratur, mampu mengurangi asam lambung naik atau maag. Pepaya juga mengandung kalium bisa menyeimbangkan tingkat keasaman (pH) di dalam lambung Anda. 

3. Mangga

Buah yang Baik Untuk Sakit Maag
Buah Mangga

Buah yang baik untuk dimakan untuk penderita asam lambung selanjutnya yaitu mangga. Di bail rasanya yang enak dan manis, buah mangga diketahui memiliki nutrisi yang tinggi dan juga merupakan anti oksidan serta anti inflamasi alami. Memakan buah mangga dapat menjaga lapisan perut tetap dingin dan bebas dari asam.

4. Kelapa

Denga meminum air kelapa 2-3 kali dalam sehari, akan mampu mencegah pembentukan asam ekstra pada perut anda. Air kelapa juga sangat bagus sebagai minuman pelepas dahaga karena dapat menyediakan glukosa dan garam yang hilang dalam tubuh.

Buah yang Baik Untuk Sakit Maag
Buah Kelapa

Cukup dengan meminum segelas air kelapa setiap habis makan. Air ini dapat memberikan khasiat pencegahan dari peradangan dan asam lambung. Kandungan asam laurat yang ada pada air kelapa mampu menjadi bahan penyembuhkan dari berbagai gangguan pencernaan.

5. Semangka

Buah yang Baik Untuk Sakit Maag
Buah Semangka

Buah semangka atau citrullus lanatus, adalah buah yang memiliki kandungan air yang cukup tinggi hingga 92 persen. Buah semangka banyak mengandung citrulline asam amino yang dapat membantu tubuh Anda dalam menciptakan amonia. Zat ini sangat berguna dalam menjaga tingkat asam lambung Anda

6. Mentimun

Buah yang Baik Untuk Sakit Maag
Buah Mentimun

Berbeda dari buah yang lainnya yang dimakan. Buah mentimun juga baik untuk asam lambung, namun tidak dengan cara dimakan, melainkan dengan memotong hingga beberapa irisan lalu diletakkan di atas perut. Buah mentimun berkhasiat untuk mengurangi panas tubuh serta mencegah nyeri yang disebabkan oleh kelebihan asam di perut Anda.

Baca: Makan kentang saat hamil dapat meningkatkan risiko diabetes

Itulah beberapa jenis buah yang baik untuk menyembuhkan sakit maag atau asam lambung. Jika Anda bisa menerapkan tips di atas, maka sakit maag Anda akan segera di atasi. Namun, jika asam lambung Anda tergolong parah, sebaiknya konsultasikan lebih dahulu kepada dokter. Semoga bermanfaat.

Komentar

Postingan Populer