Inilah Kebiasaan yang Membuat Baterai Gadget Cepat Rusak

Baterai merupakan bagian dari handphone yang paling sering mengalami kerusakan atau biasa disebut soak. Pada dasarnya, tiap saat baterai pasti mengalami pengurangan daya. Pada saat pertama beli, baterai mampu bertahan hingga 20 jam dengan pemakaian normal. Setahun kemudian, hanya mampu bertahan 18 jam. Itu merupakan hal yang wajar.

Namun untuk beberapa kasus, baterai mengalami penurunan daya yang amat sangat drastis. Sebelumnya yang bisa bertahan hingga berjam-jam, namun akibat kebiasaan buruk merawat baterai bisa menyebabkan baterai hanya mampu bertahan 3 jam bahkan kurang. Jika Anda mengalami hal ini, dapat disimpulkan bahwa baterai ponsel Anda sudah rusak atau soak. Tanda fisik yang terlihat yaitu baterai mulai membengkak. Seperti yang kita ketahui, biaya untuk mengganti baterai yang original memerlukan biaya yang besar. Terutama baterai pada smartphone Android. 

Ada banyak faktor penyebab kerusakan pada baterai. Yang parahnya, banyak di antara faktor tersebut termasuk dalam kebiasaan Anda menggunakan ponsel. Untuk itu, jika Anda ingin daya baterai Anda dapat bertahan lama, maka hindarilah kebiasaan yang dapat membuat baterai ponsel Anda cepat rusak atau soak.

1. Nge-Charge Hp Semalaman

Inilah kebiasaan yang paling sering dilakukan orang. Penulis sendiri juga sering melakukannya. Kebanyakan orang beraktifitas di pagi hari. Hal ini membuat kita harus mengisi baterai kita di malam hari agar keesokannya sudah terisi penuh.

Kebiasaan yang Membuat Baterai Android Cepat Rusak
Nge-Charge Ponsel

Jika Anda ingin baterai ponsel Anda tetap awet, maka Anda haru segera meninggalkan kebiasaan ini. Banyak yang bilang itu hanya mitos, karena charger akan berhenti mengisi baterai jika sudah penuh. Untuk beberapa smartphone canggih memang benar. Tapi bukan itu saja yang menyebabkan baterai soak. Ketika baterai sudah penuh, baterai Anda tetap mengurangi daya meskipun tidak Anda pakai, seperti energi untuk menangkap sinyal, dsb. Setelah daya itu berkurang, maka baterai akan diisi lagi dan terus berulang-ulang. Hal inilah yang menyebabkan baterai ponsel Anda menjadi cepat soak.

2. Smarphone Selalu Nyala

Sama halnya seperti manusia, gadget juga perlu waktu istirahat. Ketika Anda terus-terusan menggunakan ponsel, maka ponsel Anda akan semakin panas. Perlu Anda ketahui, suhu gadget yang panas dapat mengurangi daya baterai. Untuk itu, lebih baik Anda mematikan gadget Anda kira-kira 2-3 hari sekali. Waktu yang tepat untuk dimatikan yaitu ketika Anda hendak tidur.

3. Terus Dimainkan Saat Dicas

Inilah kondisi paling fatal untuk batarei gadget Anda. Jika Anda menggunakan android Anda saat di charge, apalagi sambil bermain game, daya baterai Anda akan cepat berkurang. Bisa dibilang makan sambil berlari. Bisa dikatakan, kondisi ini adalah gabungan dari kebiasaan pertama dan kedua. Ponsel terus di cas sedangkan ponsel sedang dipakai, pada sisi lain, ponsel Anda akan jadi panas.

Kebiasaan yang Membuat Baterai Android Cepat Rusak
Bermain Game

Untuk itu, Anda disarankan untuk mematikan hp atau tidak menggunakannya saat dicas. Hal ini akan sangat menjaga daya tahan baterai hp Anda.

4. Menggunkan Charger KW 

Setiap Anda membeli ponsel baru, Anda akan diberikan charger asli yang kuat arusnya sudah sangat optimal, tidak lebih dan kurang. Jika Anda menggunakan charger yang bukan charger bawaan dari ponsel Anda, maka baterai ponsel Anda akan lebih berisiko mengalami kerusakan. Kebanyakan orang tidak memperhatikan hal ini. Kebiasaan tidak membawa charger dan meminjam charger teman akan berdampat buruk pada baterai gadget Anda. Karena belum tentu charger mereka sesuai dengan baterai gadget kamu. 
Kebiasaan yang Membuat Baterai Android Cepat Rusak
Charger

Menggunakan charger bajakan memang bisa membuat baterai ponsel Anda menjadi penuh. Tapi, lebih baik Anda mengurangi kebiasaan ini agar baterai gadget Anda tetap bagus dan awet. Jadi, gunakanlah charger asli bawaan pabrik sesuai tipe ponsel Anda.

5. Melepas Charger Sedangkan Baterai Belum Penuh

Kebiasaan ini juga sering dilakukan oleh orang kebanyakan. Mungkin karena terburu-buru pergi, baterai kelamaan penuh, dan masih banyak alasan lainnya. Sama halnya seperti listrik, jika Anda menyalakan lampu selama 1 menit dibandingkan dengan Anda menyala dan mematikan lampu selama 1 menit, biaya listrik akan lebih mahal jika Anda menyala dan mematikan lampu. Untuk Anda ketahui, setiap kali Anda melepas charger dari gadget Anda, secara tidak langsung daya baterai Anda juga ikut berkurang. 

6. Gadget Panas Dalam Waktu yang Lama

Suhu panas pada gadget tidak hanya diakibatkan oleh pemakaian yang berlebihan, tetapi juga bisa dari faktor lingkungan. Jika Anda sedang berada di lingkungan panas, sebaiknya kurangi pemakaian ponsel Anda, karena hanya akan menambah panas pada hp Anda. Seperti yang saya katakan sebelumnya, kondisi ponsel yang panas dapat mengurangi daya baterai ponsel Anda.


Banyak orang yang mengeluh karena kualitas baterai ponselnya yang tidak bagus dan cepat rusak. Padahal yang membuat baterai itu cepat rusak adalah kebiasaan mereka sendiri. Maka dari itu, tulisan Inilah Kebiasaan yang Membuat Baterai Android Cepat Rusak ditulis Admin IDGoRead agar menambah wawasan kita tentang baterai dan bisa menjaga kualitas baterai gadget kita tetap dalam kondisi yang bagus dan tahan lama. Semoga bermanfaat, terimakasih.

Komentar

Postingan Populer