Cara Ampuh Mengatasi Laptop Cepat Panas Saat Main Game

Bermain game selama 6 jam bahkan lebih merupakan hal yang biasa bagi para gamers. Kebiasaan menggunakan laptop untuk bermain game hingga berjam-jam tentu berdampak pada panas laptop itu sendiri. Kondisi laptop yang panas dapat berisiko laptop menjadi mati dan cepat rusak. Untuk itu, diperlukan beberapa cara untuk mengatasi laptop panas saat Anda bermain game. Karena, bermain game di laptop dapat menyebabkan laptop menjadi cepat panas.

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Saat Main Game
Bermain Game Laptop


Penyebab Laptop Menjadi Panas


Ada beberapa faktor yang menyebabkan laptop Anda cepat panas. Bisa diakibatkan oleh kesalahan yang ada pada laptop, maupun penggunaan laptop yang terlalu berlebihan. Ini beberapa penyebab umum laptop menjadi panas:
  1. Ada banyak debu dan kotoran yang menghalangi sirkulasi udara pada case laptop 
  2. Ada banyak debu dan kotoran pada bagian fan dan heatsink, akibatnya konduktifitas panas tidak dapat menyerap panas dengan baik 
  3. Pemakaian yang tidak wajar 
  4. Tidak menggunakan cooling pad 
  5. Arus listrik yang tidak stabil 
  6. Fan tidak berfungsi dengan baik atau bahkan sudah rusak 

Dari beberapa penyebab di atas, ada beberapa kesalahan yang terjadi pada laptop Anda, seperti:

  1. Sering terjadi hang atau nge-lag saat Anda bermain game 
  2. Windows tidak merespon atau windows not responding 
  3. Suara fan atau kipas laptop terdengar lebih ribut dari biasanya. Hal ini terjadi karena respon kipas saat ada panas berlebih, maka kipas akan berputar lebih cepat. 
  4. Sering terjadi "Black Screen" saat menyalakan laptop 
  5. Mouse dan keyboard tidak berfungsi dengan baik. 
  6. Sering terjadi kesalahan hardware yang ditandai dengan Blue Screen of Death (BSOD) 

Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Saat Main Game


Ada 2 langkah agar permasalah panas laptop Anda bisa teratasi, yaitu mengatasi dari bagian software dan mengatasi dari bagian hardware. Anda harus melakukan kedua hal ini agar laptop Anda tidak mudah panas.


Mengatasi Panas Laptop Bagian Software

  • Hapus Aplikasi tidak penting
    Aplikasi yang terlalu banyak terpasang pada laptop akan memberatkan laptop itu sendiri. Pada beberapa kasus, ada beberapa aplikasi yang berjalan tanpa Anda sadari. Maka dari itu, Anda perlu menghapus dengan cara uninstall aplikasi yang tidak diperlukan pada bagian control panel.
  • Tutup Aplikasi tidak penting saat main game
    Ketika aplikasi berjalan, maka RAM anda juga akan terpakai. Semakin banyak aplikasi yang sedang dibuka maka semakin banyak pula memori RAM yang terpakai. Dampaknya laptop anda akan cepat panas.
  • Gunakan fitur "Power Plan"
    Saya tidak menganjurkan untuk menggunakan aplikasi seperti game booster, dsb. Karena disisi lain, menjalankan aplikasi itu sendiri sudah memakan sebagian memori RAM anda. Untuk Anda ketahui, pada beberapa kasus, cara ini akan memperlambat kinerja game yang Anda mainkan. Jadi, sesuaikan juga dengan jenis game yang Anda mainkan.


Mengatasi Panas Laptop Bagian Hardware

  • Bersihkan fan dan ventilasi
    Cara Mengatasi Laptop Cepat Panas Saat Main Game
    Laptop Fan
    Fan dan ventilasi merupakan bagian yang sering menyebabkan laptop Anda menjadi panas saat main game. Karena debu dan kotoran mudah menempel pada bagian tersebut. Untuk itu, bersihkan kedua bagian ini secara rutin 1-2 minggu sekali. Dianjurkan menggunakan compressor. Namun jika Anda tidak memilikinya, cukup dengan menggunakan kain lap.
  • Pastikan ventilasi udara terbuka
    Kesalahan yang sering dilakukan orang yang menyebabkan laptop menjadi panas yaitu meletakkan laptop di atas kasur atau bantal. Selain ventilasi udara yang jadi tertutup, debu pada kasur atau bantal akan mudah menempel pada bagian ventilasi dan fan laptop Anda. Jadi, gunkanlah ganjalan yang keras dan padat seperti buku yang tebal agar ventilasi udara laptop Anda dapat melakukan sirkulasi dengan baik.
  • Gunakan Cooling Pad
    Cooling Pad merupakan hardware external yang membantu mengurangi panas pada laptop Anda. Jika Anda seorang gamers yang selalu menggunakan laptop hingga berjam-jam, disarankan untuk menggunakan Cooling Pad agar laptop Anda tidak mudah panas.

Itulah cara mengatasi laptop cepat panas saat main game yang bisa Anda terapkan. Jika tips di atas juga tidak dapat menyelesaikan permasalahan laptop Anda, disarankan untuk melakukan jasa servis laptop terdekat. Semoga bermanfaat, terimakasih.


Komentar

Entri Populer