7 Cara Mempercepat Kinerja Android Setelah Root

Permasalahan Hp Android yang lemot terus menjadi topik yang tidak habis-habis untuk dibahas. Bagaimana tidak, perkembangan teknologi khususnya pada gadget amat sangat diminati oleh setiap kalangan. Namun, hp android yang lemot setelah di root tentu akan mengurangi rasa puas sang pemilik terhadap smartphone yang dimilikinya.
Cara Mempercepat Kinerja Android Setelah Root
Android

Ada banyak yang menyebabkan android setelah di root menjadi lemot. Pada dasarnya, tidak ada perbedaan yang signifikan yang mempengaruhi kinerja hp android yang sudah atau yang belum di root. Tetapi, keuntungan lebih jika hp android telah di root, user bebas untuk mengatur aplikasi dan settingan pada hp android tersebut.

Inilah 7 Tips Cara Mempercepat Kinerja Android Setelah di Root:

#1 Tambah RAM dengan RAM Mananger

RAM Manager telah menggunakan interface yang baik serta mudah untuk digunakan. RAM Manager memiliki fitur-fitur yang hampir sama dengan Juwe RAM Script. Ada banyak pilihan atau preset seperti Balance, Hard multitasking, bahkan Hard gaming. Setiap preset tersebut akan memberikan efek tertentu sehingga cocok digunakan untuk berbagai kondisi.

Note: Untuk anda ketahui, RAM pada Hp Android tidak bisa ditambah atau dikurangi. Semua tips atau aplikasi menambah RAM hanya berfungsi untuk mengoptimalkan kinerja RAM Android Anda


#2 Hapus Aplikasi Tidak Penting


Penyebab utama yang mengurangi kinerja android yaitu banyak aplikasi yang terpasang. Jika kapasitas memori mulai penuh, hal ini akan membuat android menjadi lemot dan meudah nge-lag. Maka dari itu, hapuslah beberapa aplikasi yang tidak penting. Karena hp android anda sudah di root, Anda bebas untuk menghapus aplikasi bawaan yang tidak penting yang sebelumnya tidak bisa dihapus.


#3 Matikan Autoupdate

Jika android anda keseringan melakukan update otomatis, maka kinerja hp android anda juga akan berkurang. Apalagi jika anda memiliki banyak aplikasi yang terpasang. Lakukan update aplikasi secara manual. Update aplikasi yang dirasa penting saja. Sebelum update aplikasi, biasanya dikatakan bagian apa saja yang diupdate, jika update yang permasalahannya tidak ada pada Anda, maka tidak perlu melakukan update. 
Misal, saat ada aplikasi minta update, sedangkan yang diupdate adalah "Fix bug in Android KitKat", dsb. Sementara anda sudah pada Android lollipop dan tidak ada masalah apa-apa, maka Anda tidak perlu melakukan update. Selain menghemat kuota internet, juga menghemat memory sehingga kinerja hp android anda tetap lancar.

#4 Matikan Autobrightness & Autorotate

Memang fitur ini akan sangat bermanfaat bagi Anda, karena akan hp android Anda menyesuaikan dengan kondisi cahaya dan arah Hp Anda. Namun, fitur ini dijalankan dengan mengaktifkan sensor tambahan. Tentu hal ini akan memperlanbat kinerja android Anda yang sudah di root.

#5 Alokasi File Memory

Jika Anda tipe orang yang suka berfoto atau merekam video, sebaiknya Anda memindahkan file-file tersebut ke memori SD Card. Hal tersebut akan membuat memori RAM menjadi lebih lega. Lebih baik lagi jika file-file tersebut Anda pindahkan ke Laptop atau harddisk secara rutin. Semakin sedikit file-file Anda, maka semakin cepat pula kinerja hp android anda.

#6 Pakai Wallpaper Ukuran Kecil

Menggunakan gambar wallpaper yang kecil juga akan meningkatkan kinerja Android Anda. Setidaknya, jangan pakai live wallpaper. Live wallpaper akan memperlambat hp android Anda.

#7 Kurangi Widget, Hapus Cache, dan Matikan Animasi



Itulah beberapa cara untuk mempercepat kinerja hp android anda setelah root. Mungkin beberapa tips di atas tidak semua bisa berhasil. Hal itu tergantung dari merk, jenis, dan spesifikasi Android Anda. Semoga bermanfaat. Terimakasih.

Komentar

Entri Populer